Jumat, 19 Oktober 2012

Dilemma Punya Nama Mohammad Iqbal

Haloo, perkenalkan nama gw Mohammad Iqbal dan biasa dipanggil Iqbal. Ini tulisan pertama gw di blogger, setelah sekian lama akhirnya gw pun memberanikan diri untuk kembali menulis. Agak berat sih karena sama sekali ga ada persiapan secara jasmani dan rohani (apa sih?).

Udahlah cukup sekian perkenalannya, sekarang beri waktu gw untuk menceritakan sekelumit dari nama yang gw sandang selama hidup ini dan anugerah dari orang tua (walaupun ternyata pasaran).

Pasaran? Absolutely yes! Gw yakin semua orang punya temen yang namanya Mohammad Iqbal, at least hanya Mohammad atau Iqbal aja. Akhirnya gw iseng googling dengan keyword "Mohammad Iqbal", dan ini hasilnya:
Dan gw kembali iseng lagi googling dengan keyword "population mohammad iqbal", tujuannya sih gw mau mencari berapa banyak sih manusia di bumi ini yang namanya Mohammad Iqbal dan ternyata beneran ada loh website yang ngitung populasi suatu daerah berdasarkan nama, namanya whitepages.com. Yaah walaupun yang ketracking cuma wilayah Amerika Serikat aja, tapi gak papa deh. Ini hasilnya kalo mau liat:
Kebayang gak? Itu baru Amerika Serikat loh, yang notabene-nya negara dengan mayoritas non-muslim dan gw yakin para Mohammad Iqbal di sana kebanyakan teman-teman imigran yang sekolah atau kerja di sana karena Amrik sendiri juga terkenal sebagai negara multi etnis dan tingkat demokrasi yang tinggi.

Bagaimana dengan populasi pengguna nama Mohammad Iqbal di Indonesia atau di beberapa negara asia lainnya? Sayangnya gw ga menemukan website yang seperti dilakukan whitepages.com. Namun tentunya lebih banyak dibanding yang di Amrik.

Nah itu bicara populasi, sekarang bicara penderitaan gw yang selalu kebingungan mencari alternatif username buat bikin email, social media, member di news portal atau apapun. Cukup memeras otak juga sih tapi lumayan jadi buat otak gw berpikir.

Tapi gw bangga men punya nama Mohammad Iqbal. Tau ga kenapa? Karena pada tanggal 9 November 1877, lahirlah sosok bayi bernama Muhammad Iqbal (dikenal juga bernama Allama Iqbal) di Pakistan. Seorang pemikir filsafat dan pujangga terkenal yang sukses pada zamannya.

Hebat kan? Dilema kan mau seneng disamakan dengan orang sukses dan terkenal apa nyesel punya nama pasaran? Apapun perasaan gw, orang tua selalu memberikan yang terbaik untuk anaknya. Makanya tanpa basa-basi ibuku tercinta langsung memutuskan memberi nama itu untuk gw. Dengan harapan anaknya dapat sukses seperti Muhammad Iqbal di Pakistan,

Amiiieen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar